.::::::Cerah Ceria:::::.


Awas! Ini 7 makanan perusak otak yang ada Di Sekitar Anda

Siapa sich yang tidak ingin memiliki otak cerdas hingga tua? Sayangnya, karena beberapa faktor, otak bisa berkurang ketajamannya. Menjaga kesehatan otak bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang meningkatkan daya kerja otak. Jika ada makanan yang berfungsi meningkatkan kinerja otak, pastilah adapula makanan yang dapat merusak otak kita. Namun sayang sekali, tidak semua orang menyadarinya, padahal beberapa makanan perusak otak tersebut ada di sekitar kita loh. 

Hem, agar kecerdasan otak kita tetap terjaga, pastikan waspadai beberapa makanan perusak otak berikut ini :

1.    Pemanis buatan

Pemanis buatan seringkali ditemukan dalam makanan maupun minuman. Meski rendah kalori, namun tahukah Anda jika mengonsumsi pemanis buatan dapat berpotensi meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Dan ketika Anda menderita diabetes tipe 2, maka secara otomatis risiko terkena penyakit penyakit Alzheimer akan meningkat empat kali lipat. Hal itu disebabkan kurang sensitive terhadap insulin sehingga terjadi kenaikan kadar gula secara dramatis yang dapat merusak otak.

2.    Ikan bermerkuri tinggi

Ikan memang kaya gizi, namun ikan laut yang besar umumnya mengandung mercuri sehingga dapat membahayakan otak jika dikonsumsi secara berlebihan.

3.    Makanan olahan

Makanan olahan seringkali mengandung lemak trans yang berpotensi membahayakan kesehatan otak dan jantung. Selain itu, dalam makanan olahan juga seringkali mengandung gula tinggi serta bahan pengawet yang jika dikonsumsi secara rutin dapat menyebabkan obesitas dan peradangan yang berpotensi membahayakan otak.

4.    Alkh0h0l

Minuman ini tidak hanya kurang bagus untuk kesehatan, tapi juga berpotensi menimbulkan kabut otak/kebingungan sehingga seseorang tidak bisa berpikir secara sehat.

5.    Makanan yang digoreng

Makanan yang dimasak dnegan cara digoreng memang nikmat, namun tahukah Anda jika makanan tersebut dapat merusak system saraf di otak secara pelan-pelan.

6.    Makanan asin berlebihan

Mengonsumsi makanan asin berlebihan dapat berisiko sebabkan hipertensi. Selain itu, makanan yang mengandung sodium/natrium tinggi dapat berefek sebagaimana nark0ba yang membuat seseorang ketagihan. Dan efek terburuknya adalah dapat menurunkan kemampuan berpikir dan juga fungsi kognitif.

7.    Junk food

Makanan cepat saji maupun makanan instan memang praktis dna nikmat di lidah, namun kandungan lemak berlebih didalamnya dapat mengubah susunan kimia otak sehingga menyebabkan penikmatnya merasa gelisah atau depresi.
Dengan selektif memilih makanan, pastinya tubuh Anda akan lebih sehat dan otak bisa bekerja dengan optimal hingga tua.

Source : fitnea.com