.::::::Cerah Ceria:::::.


Mengenal Penyakit tulang osteoarthritis

Penyakit tulang Osteoartritis atau biasa disebut dengan OA, penyakit degenaratif sendi, atau artitis sendi ini merupakan penyakit dengan rasa nyeri yang terjadi persendian akibat peradangan/inflamasi ringan yang muncul karena adanya gesekan pada ujung tulang penyusun persendian. Adakalanya orang menganggap rasa nyeri ini sebagai penyakit rhematik dan asam urat. Sebagian yang lain menganggap sebagai penyakit osteoporosis. Hal itu disebabkan adanya osteofit saat foto rontgen dilakukan, padahal apa yang mereka lihat itu merupakan bentuk kerusakan pada tulang rawan yang menyebabkan munculnya osteofit. 

Penyakit tulang osteoarthritis itu bisa menyerang seluruh persendian, baik sendi kecil maupun sendi besar yang letaknya berada diantara dua tulang, misalnya lutut, panggul, bahu, tulang belakang, engkel, dan lain-lain. Bentuknya yang agak menonjol sering diartikan sebagai pengapuran, sehingga mereka menjauhi makalan yang mengandung kalsium agar penyakitnya tidak semakin parah, padahal tidak ada hubungannya sama sekali.
Yang menjadi penyebab dari penyakit osteoarthritis sangat beragam. Dari beberapa penelitian menyebutkan penyebab yang berbeda, misalnya ada yang menyebut reaksi alergi dan infeksi, namun ada juga penelitian yang menyebut faktor genetik sebagai penyebabnya. Apapun penyebabnya, namun  faktor resiko Penyakit tulang osteoarthritis, bisa terjadi pada beberapa orang berikut ini :
•    Wanita diatas usia 45 tahun
•    Obesitas/kegemukan
•    Orang yang sering melakukan aktivitas fisik secara berlebihan
•    Penderita kelemahan otot paha
•    Pernah mengalami cedera atau patah tulang pada persendian dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat.
Penyakit tulang ostheoarthritis ini bisa dikatakan cukup menyiksa karena rasa nyeri yang ditimbulkan sangat hebat, untuk itu kita harus melakukan upaya pencegahan, yakni dengan mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen makanan yang terbukti bermanfaat bagi tulang, misalnya glukosamin dan kondroitin. Namun, jika penyakit ini sudah menimpa diri Anda, maka upaya pengobatan harus dilakukan untuk mengurangi derita nyeri. Rasa nyeri pada penderita biasanya akan berkurang jika dilakukan tindakan pengompresan atau bisa juga berupa  penyuntikan cairan ke bagian sendi. Sedangkan obat-obatan yang biasanya diberikan oleh dokter, diantaranya obat anti peradangan dan nyeri, obat pelumas yang disuntikkan ke sensi, dan pemberian suplemen kesehatan yang berfungsi menumbuhkan tulang rawan.