.::::::Cerah Ceria:::::.


Kenali 6 Gejala Penyakit yang ditandai dengan Mata Panda

CerahCeria - Pernahkah Anda terganggu dengan adanya Mata Panda atau lingkar hitan dibawah mata? Kebanyakan orang menganggap jika mata panda terjadi akibat kurang tidur, kelelahan atau terlalu lama di depan layar laptop. Padahal pada kenyataannya, keberadaan mata panda menunjukkan adanya gejala penyakit tertentu pada tubuh Anda. Hem, kira-kira apa sajakah jenis penyakit yang ditandai dengan munculnya mata panda? Agar lebih jelasnya, simak penjelasan lengkapnya dalan arikel yang berjudul Kenali 6 Gejala Penyakit yang ditandai dengan Mata Panda ini.

Proses Munculnya Mata Panda

Tahukah Anda jika di bawah kulit sekitar mata terdapat pembuluh darah kecil dan sangat halus sehingga sel-sel darah merah harus bergantian saat melewatinya. Meski begitu, dalam prosesnya aliran sel darah merah yang terlalu kuat membuatnya merembes ke area disekitarnya. Menghadapi kondisi tersebut, tubuh secara otomatis akan memproduksi enzyme terntentu untuk membersihkan darah yang merembes pada tempat yang tidak seharusnya. Proses penguraian sel darah merah oleh enzim itulah yang akhirnya meninggalkan bekas menghitam atau kebiruan pada kulit sekitar mata yang memang tipis.

Penyakit yang ditandai dengan Mata Panda

Mata Panda memang tidak selalu membahayakan. Meski begitu, jangan pernah sepelekan mata panda, karena bisa jadi merupakan gejala suatu penyakit, diantaranya :

Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang kadang ditandai dnegan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata atau mata panda. Anemia sendiri disebabkan karena seseorang kekurangan zat besi. Untuk mengatasinya, Anda harus penuhi asupan makanan yang mengandung zat besi, misalnya : susu, sayuran hijau, buah-buahan dan lainnya.

Menderita penyakit hati

Lingkaran hitam pada mata juga bisa jadi merupakan gejala disfungsi hati akibat beberapa penyakit hati, salah satunya : hepatitis. Oleh karena itu, jika Anda mengalami mata panda yang disertai gejala buruk lainnya, jangan abaikan. Segera periksakan diri ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan upaya medis.

Penurunan Fungsi Ginjal

Kehadiran mata panda juga bisa jadi merupakan gejala penurunan fungsi pada organ ginjal. Ketika fungsi organ ginjal menurun, maka dapat mempengaruhi sirkulasi oksigen dalam darah, yang kemudian memicu munculnya mata panda.

Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin, terutama : A, C, E, dan K, juga dapat memicu munculnya lingkaran gelap di sekitar mata atau mata panda. Oleh karena itu, usahakan penuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh agar masalah Mata Panda segera berakhir. Pilih diet yang sehat agar tubuh tidak hanya langsing, tapi juga terhindar dari penyakit. Jika terlanjur muncul, pastikan penuh

Dehidrasi

Dehidrasi termasuk satu masalah kesehatan serius yang kadakala ditandai dnegan munculnya lingkaran hitam pada mata. Untuk mengatasinya, pastikan Anda penuhi kebutuhan cairan setiap harinya. Selain minum air yang cukup, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dan sebisa mungkin batasi asupan berkafein yang dapat memperparah dehidrasi.

Alergi

Mata gelap juga bisa jadi disebbakan karena alergi, dimana kita menggaruk atau mengucek mata sehingga menyebabkan area sekitar mata menjadi gelap.
Ternyata kita tidak boleh menyepelekan mata panda ya, karena bisa jadi merupakan gejala penyakit serius. Semoga informasi yang berjudul Kenali 6 Gejala Penyakit yang ditandai dengan Mata Panda diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya