.::::::Cerah Ceria:::::.


Cara Mencegah Penyakit amandel Pada anak

Orang tua mana sich yang tidak cemas ketika anak didiagnosa menderita penyakit amandel? Apalagi ada yang menyebutkan jika salah satu pengobatan amandel adalah dengan tindakan operasi. Penyakit amandel atau radang yang terjadi pada amandel (tonsillitis) memang seringkali dialami oleh anak-anak. Sebenarnya amandel merupakan organ penting yang berfungsi untuk mencegah infeksi, terutama pada anak-anak yang system kekebalan tubuhnya masih lemah. Namun seiring bertambahnya usia dan menguatnya system kekebalan tubuh, maka peran amandel sebagai penangkal infeksi mulai tergantikan.

Penyebab penyakit amandel

Amandel mengalami peradangan disebabkan virus dan bakteri. Umumnya, anak yang mengalami radang amandel akan merasakan beberapa gejala, diantaranya : demam, sakit kepala, nyeri tenggorokan saat menelan, batuk dan lainnya. Gejala tersebut umumnya akan berkurang dalam empat hari. Namun jika lebih dalam empat hari tidak juga membaik, bahkan disertai tanda serius, seperti : tidak bisa makan, sesak nafas dan lainnya, segera hubungi dokter karena bisa jadi terjadi radang amandel yang serius.

Pengobatan Penyakit amandel

Penyakit radang amandel umumnya bsia sembuh sendiri dalam waktu seminggu. Tidak ada obat-obatan khusus yang diberikan pada pasien yang menderita radang amandel. Namun begitu, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan untuk membantu meringankan gejala, seperti : paracetamol dan ibuprofen sebagai pereda demam dan nyeri. Namun jika radang amandel disebabkan oleh bakteri, maka pemberian antibiotic bisa dilakukan. Agar proses penyembuhan bisa berjalan cepat, pastikan pasien istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat dan penuhi kebutuhan cairan.
Meski bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika penyakit ini sering kambuh kembali justru mengakibatkan tonsil/amandel menjadi besar dan sulit kembali ke ukuran aslinya meskipun sudha tidka terjadi peradangan. Kondisi inilah yang disebut sebagai hypertrofi tonsil atau penyakit amandel. Pada kondisi ini, tindakan operasi biasanya harus ditempuh agar kondisinya tidak semakin memburuk.

Cara Mencegah Penyakit amandel Pada anak

Tonsilitis atau radang amandel bisa dicegah dengan beberapa cara sederhana, diantaranya :
•    Biasakan mencuci tangan sebelum makan dan setelah dari toilet
•    Gunakan masker saat di tempat umum
•    Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung zat kimia tambahan, seperti : pewarna, pemanis, penyedap dan lainnya
•    Hindari makanan berlemak, seperti : gorengan
•    Istirahat yang cukup setiap hari
Dengan upaya sederhana diatas, kita bisa terhindar dari penyakit amandel dan pastinya organ tubuh kita bsia terus berfungsi dengan baik.

Source : alodokter