.::::::Cerah Ceria:::::.


Awas! Enam Makanan Ini Bikin Tidurmu Jadi Tidak Nyenyak

Tidur merupakan moment terbaik untuk mengistirahatkan jiwa dan juga raga Anda. Namun sayangnya, saat ini banyak orang yang kurang sadar akan pentingnya tidur malam bagi kesehatan tubuhnya, sehingga mereka lebih memilih menghabiskan malamnya dengan begadang. Padahal tidur nyenyak di malam hari memberikan banyak manfaat, dari mulai mengembalikan energy, relaksasi jiwa, proses regenerasi sel yang rusak, meningkatkan system imun tubuh, dan masih banyak yang lainnya. Sebaliknya begadang dapat merusak penampilan, mengganggu siklus tidur, hingga mendatangkan penyakit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur nyenyak berkualitas, salah satunya dengan menjaga asupan makanan.

Tidak hanya wajib mengonsumsi makanan yang bisa membuat tidur Anda berkualitas, tapi Anda juga harus menghindari beberapa makanan yang berpotensi mengganggu tidur Anda. Apa sajakah makanan yang bikin tidur kita jadi tidak nyenyak? Agar lebih jelasnya, simak aja yuk…

•    Makanan pedas

Makanan pedas memang nikmat, namun disarankan agar tidak dikonsumsi sebelum tidur karena dapat sebabkan mulas, kembung hingga diare. Kalau sudah begitu, tidurpun justru memperburuk kondisi Anda. 

•    Kol, kubis dan brokoli

Sayuran tersebut mengandung serat tinggi sehingga dibutuhkan waktu lama untuk mencerna. Mengonsumsinya menjelang tidur dapat sebabkan perut tidak nyaman atau kembung, karenanya sebisa mungkin konsumsi 2 -3 jam sebelum tidur.

•    Makanan manis

Makanan manis tidak selalu mempermanis hidupmu, bahkan ada penelitian yang menyebutkan jika mengonsumsi makanan manis sebelum tidur dapat sebabkan mimpi buruk.

•    Seledri

Seledri termasuk makanan yang bersifat diuretic sehingga mengonsumsinya membuat Anda mudah bangun karena ingin buang air kecil. Dan ini akan sebabkan Anda sulit tidur nyenyak.

•    Bawang putih

Bawang putih memang sehat bagi tubuh, tapi sebisa mungkin jangan konsumsi sebelum tidur. Karena bawang putih sebabkan kenaikan suhu tubuh dan juga asam lambung sehingga berpotensi sebabkan gangguan perut serta tidur jadi terganggu.

•    Es krim

Es krim memang nikmat dikonsumsi kapan saja. Namun sayangnya, es krim kurang cocok dikonsumsi saat mau tidur, karena didalamnya mengandung lemak tinggi yang susah dibakar dan justru sebabkan kegemukan.
Mengonsumsi makanan sehat bergizi tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan tapi sekaligus membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.